Apa 7 aturan hidup utamamu?

 

Apa 7 aturan hidup utamamu?
  1. Amor fati. Mencintai takdir. Apa pun yang diberikan Tuhan untuk saya adalah yang terbaik untuk saya entah hal itu saya sukai atau tidak.
  2. Memento mori. Mengingat kematian, ingat kalo suatu saat saya akan mati, dan ga tau kapan datangnya. Ketika mengingat ini saya jadi lebih sering terhindar dari konflik-konflik tidak perlu yang membuang-buang waktu saya.
  3. Premeditatio malorum. Selalu memikirkan kemungkinan buruk apa yang bisa terjadi, dalam segala hal. Jadi ketika hal buruk itu beneran terjadi saya ga akan kaget dan lebih mudah mempertahankan emosi saya tetap stabil.
  4. Dikotomi kendali. Ada hal yang dalam kendali saya dan ada yang di luar kendali saya. Apa yang ada dalam kendali saya: pikiran saya, tindakan saya. Apa yang di luar kendali saya: persepsi orang lain, tindakan orang lain, cuaca, kehendak Tuhan. Berfokus pada apa yang dalam kendali saya bisa membuat hidup lebih bahagia karena tidak akan capek-capek menyalahkan keadaan atau pun orang lain.
  5. Mewaspadai diri sendiri lebih dari apa pun. Setiap ada momen ketika saya mulai berprasangka buruk atau menilai buruk orang lain sebisa mungkin saya akan mengingat ke dalam diri saya sendiri. Misal, melihat postingan seorang teman yang marah-marah di medsos, pada saat itu saya akan cenderung untuk menilai bahwa teman saya itu emosinya tidak stabil dan akan merugikan dirinya sendiri. Tapi ketika berpikirkan seperti itu sebisa mungkin saya akan ingat ke diri saya sendiri. Apa gunanya saya menilai orang lain seperti itu? Lebih baik berhati-hati terhadap pikiran dan tindakan diri sendiri.
  6. Berusaha merasa cukup"Jaketnya bagus, aku belum punya ini itu, aku pengin jajan ini itu." Keinginan manusia tidak ada habisnya, jika selalu dituruti akan berakibat buruk pada diri sendiri. Jadi misal saya kepengin baju baru, saya berpikir "Ga harus, masih ada yg lain masih bisa dipakai, industri fashion ini juga kurang bagus untuk lingkungan, kapan-kapan aja deh thrift shop kalo emang pas butuh bgt." Atau "Pengin jus ih, tapi lupa ga bawa tumblr, itu nanti gelasnya bisa nambah-nambahin sampah plastik, ga usah deh."
  7. Berusaha ga mudah puas. Misal, karena membaca sebuah buku dalam tema tertentu yang mendatangkan banyak insight, malah membuat saya jadi tertarik untuk membaca buku lain yang memberikan perspektif berbeda. Hal tersebut menambah pemahaman saya dan jadi bisa membandingkan pemikiran satu dengan yang lain.

Mungkin itu untuk saat ini, karena waktu terus berjalan, pemikiran saya masih bisa berubah seiring dengan pengalaman hidup dan insight yang saya dapat dari berbagai sumber seperti buku, film, podcast, dan banyak lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Saja Trik Komunikasi Yang Menarik?

Apa Tanda-Tanda Orang Yang Berkelas?